Breaking News

Friday 15 January 2010

" Hidup dengan Kritikan, Cemoohan dan Hinaan "

" Kuatkan Jiwa untuk mendengar Kritikan, Cemoohan dan Hinaan mereka. Bersikaplah laksana batu Cadas; tetap kokoh berdiri,
meski ditempa butiran – butiran salju yang menderanya setiap saat,
dan ia justru semakin kokoh karenanya "
( Dr. Aidh Al-Qarni " Tips Bahagian dunia Akhirat ")

Alkisah " ada beberapa ekor tokek yang sedang mengikuti lomba menaiki sebuah pohon Kelapa. Pertama Tokek-tokek itu bersemangat sekali dalam menaikinya, tapi dari bawah ada sebuah cemoohan yang mengatakan " Hai kamu tidak akan mampu menaiki pohon kelapa itu terlalu tinggi", akhirnya satu demi satu tokek-tokek itu turun karena adanya cemoohan dari temannya tadi, tapi ada satu tokek yang terus saja berjalan pelan tapi pasti ia berjalan teman-temannya dari bawah terus mencemooh nya tapi tokek yang satu ini tidak pernah mempeduliakan cemoohan dari kawan-kawan nya yang ada di bawah ia terus saja berjalan hingga ia akhirnya sampai pada apa yang ia tuju yaitu puncaknya pohon itu, kawan- kawan yang ada dibawahnya tercengang apa gerangan yang membuat tokek itu berhasil kekuatan apa yang dimiliknya, dan ketika tokek itu turun kawan-kawan nya bertanya pada tokek itu, akan tetapi tokek itu diam saja tahukan saudaraku apa yang membuat tokek itu berhasil, ternyata tokek yang satu ini Tuli.
Kisah Tokek diatas adalah sedikit gambaran tentang hidup kita tidak selalu mulus sesuai yang kita inginkan, pasti aka ada berbagai macam rintangan, ujian, yang kesemuannya itu akan membuat hidup kita semakin indah, tanpa itu maka hidup kita tidak akan pernah bermakna, sebagaimana gunung tanpa bebatuan maka ia tak akan sekokoh semestinya.
Kritikan, cemoohan tentunya akan selalu ada dalam perjalanan hidup kita, karena merekalah yang justru akan membuat kita lebih cepat, tanggap dalam mengatasi berbagai macam permasalahan yang muncul di tengah-tengah kita tergantung bagaimana kita menyikapi semuannya itu.
Dalam hidup ini terutama jika anda, seseorang yang selalu memberi, memperbaiki, mempengaruhi dan berusaha membangun, maka anda akan selalu menjumpai kritikan-kritikan yang pedas dan pahit, mungkin sesekali anda akan mendapatkan cemoohan dan hinaan dari orang lain. Tinggal anda bagaimana cara menyikapinya, jika kritikan itu menjatuhkan anda harus lah anda bersikap Tuli terhadap Kritikan-kritikan itu kritikan yang destruktif yang hanya akan menghancurkan impian dan cita-cita anda, tapi sebaliknya jika kritikan yang sifatnya konstruktif demi perbaikan diri anda maka ambilah karena yang tau banyak tentang diri kita adalah orang lain, tapi beda halnya dengan cemoohan kita harus senantiasa bersikap kokoh karena tabiat manusia secara umum mengingkari, membangkang, dan meremehkan suatu kenikmatan.
Anda tak perlu heran dan resah bila mendapatkan mereka mengingkari kebaikan yang pernah anda berikan serta mencampakan budi baik yang telah anda tunjukan, bahkan tak usah resah bila sampai mereka memusuhi anda dengan rasa hasad dan dengki. Sebabnya bukan apa-apa melainkan karena anda telah berbuat baik terhadap mereka .dan hal ini digambarkan oleh Allah dalam QS. At-Taubah : 74
" Dan, mereka tidak mencela ( Allah dan Rasulnya ) kecuali karena Allah dan Rasulnya telah melimpahkan karunianya kepada mereka . "
( At-Taubah : 74 )
Begitulah karakter manusia secara umum jangankan melihat kejelekan seseorang, bahkan baiknya pun tidak sedikit orang yang selalu mencemoohnya, sebagaiman Muhammad Rasulullah juga ketika membawa Nur Islam di bumi Kota Suci tidak luput dari cemoohan-cemoohan tapi ia tetap kokoh dan sabar dalam menyikapi semua cemoohan, ia laksana batu Cadas; tetap kokoh berdiri, meski ditempa butiran – butiran salju yang menderanya setiap saat, dan ia justru semakin kokoh karenanya

" Goresan Pena SAYUTI ZAKARIA" 7 April 2009 "

No comments:

Post a Comment

Side Ads

Connect Us

Footer Ads

Recent

Designed By VungTauZ.Com